//
you're reading...
Enlightenment Corner

[enlightenment] : Coincidence

“There’s no such a thing called coincidance in this world and everything is happening for its own reason. “
[Unknown ]

Tidak ada yang tahu darimana quote itu berasal, tapi aku sangat mempercayainya. Konsep untuk mempercayai bahwa kebetulan bukanlah kebetulan namun merupakan kesempatan untuk belajar dari hidup sekaligus kesempatan untuk membaca pesan yang tersirat, pastilah terkesan absurd dan irasional. Tapi jika saja kita mau menyisihkan waktu untuk “membaca” dan merenungkan semuanya, kita akan menemukan garis merah yang menjembatani satu kejadian dengan kejadian yang lain.

Serangkaian kejadian yang disebut kebetulan yang bermakna bisa terjadi kapanpun. Sangking pas nya, pada kondisi tertentu, kita bisa merasakan bahwa semua kejadian yang kebetulan itu adalah sebuah skenario yang mendorong kita ke arah hidup yang baru yang penuh inspirasi.

Pernahkah Anda secara tidak sengaja, merasa ingin melewati jalan yang jarang Anda lalui. Lalu saat Anda melewatinya, disanalah Anda bertemu dengan seseorang teman lama yang selama ini Anda cari-cari selama puluhan tahun. Atau pernahkah Anda mendapatkan solusi penyelesaian dari seluruh masalah yang menghambat hidup Anda selama 3 bulan terakhir justru dari orang asing yang Anda temui di mall?
Atau pernahkah Anda sedang memikirkan seseorang lalu ketika Anda berpikir untuk menghubungi, tiba-tiba Anda mendapat kabar darinya via sms?

“Synchronicity is an acausal principle in the universe, a law that operated to move human beings toward greater growth in conciousness.”
[ Carl Jung]

Synchronicity atau Sinkronisitas,…
Adalah sebutan yang diberikan Carl Jung atas hukum alam yang ditunjukkan melalui serangkaian kebetulan yang memiliki pesan tersirat bagi yang mengalaminya, bertujuan mendorong manusia untuk memperoleh kesadaran jiwa yang lebih tinggi.

Bagiku,…sinkronisitas adalah sebuah persepsi atau pengalaman unik yang menunjukkan hubungan komunikasi antara kita manusia dengan Tuhan. Sehingga jika tiba saatnya aku mengalami rangkaian sinkronisitas, seringkali aku bertanya padaNya, ” Ya Allah pesan apa yang ingin Engkau sampaikan padaku? Ya Allah, hendak Engkau jadikan apa diriku? Apa yang harus aku lakukan atas pesan-pesanMu?”

Bagiku, semua hal yang terjadi padaku adalah bagian dari grand master plan yang luar biasa milik Allah. Setiap pertemuan dan perpisahan pasti punya makna, setiap orang yang ada di dalam perjalanan hidup seseorang pasti memiliki pesan dan kontribusi khusus bagi kehidupan masing-masing. Semuanya terangkai dengan sangat indah sesuai dengan hukum alam semesta milikNya.

Sinkronisitas terekam dalam beberapa kejadian penting yang penuh makna seperti pesan-pesan tersirat dalam mimpi, saat kita memikirkan kawan atau kerabat lama dan kemudian kita bertemu atau mendengar kabar darinya. Bentuk lain dari sinkronisitas tergambar pada pertemuan-pertemuan yang tidak disengaja yang melibatkan teman, kenalan atau bahkan orang asing. Mendapatkan, melihat ataupun mendengar informasi tentang sesuatu tepat pada saat yang paling kita butuhkan juga merupakan bentuk lain dari sinkronisitas.

Lewat mimpi, seringkali aku mengetahui kejadian jauh sebelum kejadian itu menimpaku. Pesan yang tersirat kadang tergambar dengan vulgar sesuai dengan mimpiku, kadang hanya berupa perlambang, simbol, suara, tulisan dan sosok orang-orang yang kukenal yang dikemas dalam mimpi yang aneh dan sulit dipahami. Terkadang sebuah mimpi bisa kuingat hingga bertahun-tahun tapi terkadang aku lupa sebelum aku bisa mengingatnya sampai suatu saat secara misterius aku mengalami dejavu di dunia nyata.

Aneh memang tapi aku mempercayai bahwa kunci untuk mengetahui sinkronisitas dari mimpi adalah dengan melihat pesan yang tersirat dari mimpi dengan mengkonsentrasikan pada gambaran besar dari mimpi yang kita alami, yaitu pada arti yang tersirat dari alur cerita dan karakter-karakter yang terlibat di mimpi kita. Darinya kita bisa menemukan pesan-pesan yang mengarah pada situasi yang kita hadapi dalam hidup kita saat itu. Membandingkan antara alur cerita yang terjadi di mimpi kita dengan situasi hidup kita di dunia nyata.

Karakter-karakter orang yang kita temui dalam mimpi seringkali merujuk pada orang-orang yang kita temui di dunia nyata. Mungkin saja mimpi kita menunjukkan sesuatu tentang siapa mereka, sisi nyata tentang kebaikan atau keburukan mereka. Jika mimpi kita terasa terlalu absurd, bisa jadi itu adalah pesan tentang kejadian yang akan terjadi pada kita di masa mendatang. Who knows?

Cobalah ingat-ingat kejadian dimana tiba-tiba Anda memikirkan seseorang. Pikiran tentang dia selalu memenuhi benak Anda. Ketika Anda menghindar lalu anda secara tidak sengaja teringat lagi dengannya karena membaca namanya di koran atau mendengar namanya disebut orang sekitar anda. Itu artinya, itu adalah peringatan bahwa sebaiknya Anda segera berusaha mencari tahu tentangnya atau langsung menghubunginya karena ada pesan tersirat yang harus Anda”dapatkan” darinya.

Pertemuan yang kebetulan adalah bentukan lain dari hukum sinkronisitas. Deepak Chopra menjadi seorang tokoh pengobatan dan konsultan spiritual ternama dunia setelah pertemuan yang kebetulan dengan kawan lama yang menunjukkan padanya tentang pengobatan ala Ayurvedic.

Mendapatkan informasi penting tepat pada saat yang paling dibutuhkan jelas merupakan bukti bahwa kebetulan merupakan cara Tuhan berkomunikasi dengan kita, cara Tuhan menolong kita, cara Tuhan memberikan bimbinganNya pada kita. Pesan itu bisa berbentuk apa saja, bisa berupa tulisan di lembar majalah yang tidak sengaja terbuka. Lagu yang diputar di radio favorit kita yang tidak sengaja terdengar dan mengingatkan kita pada seseorang. Pertemuan dengan kawan lama maupun orang asing. Apa saja,..bahkan seringkali pesan datang lewat kejadian yang terlihat konyol,..

Untuk bisa berkomunikasi denganNya adalah dengan belajar untuk mengambil manfaat dari serangkaian kebetulan yang terjadi dalam hidup kita dan pergunakan waktu dengan sungguh-sungguh untuk menjelajahi apa makna di balik kejadian.

Tak heran jika Allah menurunkan QS. Al Alaq sebagai surat pertamanya kepada Rasulullah sebagai bekal manusia dalam menunaikan tugasnya sebagai kalifah di muka bumi. Dengan IQRO (membaca dan mengkaji) pesan-pesan yang tersirat dalam semua kejadian yang kita alami, baik yang kebetulan atau tidak kita akan mencapai kesadaran yang lebih tinggi tentang mengapa dan apa tugas kita selama kita “numpang minum” di bumi

“Bacalah !!”
Tuhanmu yang Maha Pemurah!
Yang mengajar dengan kalam.”

Q.S Al’ Alaq (Segumpal Darah) 96: 3-4

This article is dedicated to people who believe the reason why we’re here on earth is to build a better spiritual awareness for a better world. The world of love because the purest essence of soul is L.O.V.E

| Jakarta| Lebak Bulus | July, 04 2008 |

Advertisements

About shitadewi

D.Rishita Dewi | @shitadewi Shita Dewi, panggilan akrab dari Dian Rishita Dewi, adalah seorang yang selalu jatuh cinta pada kehidupan yang ada di sekelilingnya, baginya semesta adalah sumber inspirasi yang tak kunjung habis untuk dicermati, dipahami, diselami dan dituliskan kembali,… Dengan menulis, Shita Dewi yang lahir di tanggal 11 Januari 1977 ini percaya bahwa menulis adalah bagian dari penyelarasan antara jiwa dengan raganya, antara hati dengan alam pikir dan imajinasinya, penyeimbang ditengah kegiatannya sebagai wanita karir yang mengabdi di salah satu perusahaan Astra Group, certified hypnotherapist dan trainer seminar-workshop hypnotheraphy dan part-timer coach Marketing, konselor Tarot serta sebagai seorang istri dari George Erlangga Siregar. Sejak kecil Shita Dewi memilih menulis sebagai sarana untuk mewujudkan impian masa kecilnya meskipun hanya dalam bentuk buku harian yang beberapa diantaranya sempat dimuat di majalah sekolah dalam bentuk cerita pendek, namun secara tak terduga justru impian masa lalu yang tertuang dalam bentuk cerita itu telah mewujud dalam kehidupan nyata yang kini dia alami. Tak heran jika, Shita Dewi ingin tetap menulis, dengan keyakinan bahwa menulis akan membawanya pada perwujudan dari impian-impiannya. Melihat, Berpikir, Inspirasi, Berbuat, Menjadi

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2013
M T W T F S S
« Sep   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Pages

MindEvolution Theraphy

+6289678416066
Mon-Fri : 19.00-23.00
Saturday: 15.00-18.00

Statistik Blog

  • 13,812 hits

Twitter Updates

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

@shitadewi

shitadewi

shitadewi

D.Rishita Dewi | @shitadewi Shita Dewi, panggilan akrab dari Dian Rishita Dewi, adalah seorang yang selalu jatuh cinta pada kehidupan yang ada di sekelilingnya, baginya semesta adalah sumber inspirasi yang tak kunjung habis untuk dicermati, dipahami, diselami dan dituliskan kembali,… Dengan menulis, Shita Dewi yang lahir di tanggal 11 Januari 1977 ini percaya bahwa menulis adalah bagian dari penyelarasan antara jiwa dengan raganya, antara hati dengan alam pikir dan imajinasinya, penyeimbang ditengah kegiatannya sebagai wanita karir yang mengabdi di salah satu perusahaan Astra Group, certified hypnotherapist dan trainer seminar-workshop hypnotheraphy dan part-timer coach Marketing, konselor Tarot serta sebagai seorang istri dari George Erlangga Siregar. Sejak kecil Shita Dewi memilih menulis sebagai sarana untuk mewujudkan impian masa kecilnya meskipun hanya dalam bentuk buku harian yang beberapa diantaranya sempat dimuat di majalah sekolah dalam bentuk cerita pendek, namun secara tak terduga justru impian masa lalu yang tertuang dalam bentuk cerita itu telah mewujud dalam kehidupan nyata yang kini dia alami. Tak heran jika, Shita Dewi ingin tetap menulis, dengan keyakinan bahwa menulis akan membawanya pada perwujudan dari impian-impiannya. Melihat, Berpikir, Inspirasi, Berbuat, Menjadi

View Full Profile →

%d bloggers like this: